Angka Main – Durian Songgon Banyuwangi Bisa Di Pesan Online Karena Virus Corona

Angka Main – Musim durian di Kabupaten Banyuwangi sudah datang. Di wilayah Kecamatan Songgon yang diketahui dengan beberapa varietas durian lokalnya juga masuk waktu panen.
Songgon ialah sentral durian di Banyuwangi dengan keseluruhan 465 hektare tempat durian. Disana ada lebih dari 4. 000 pohon, termasuk juga durian merah, durian orange, sampai durian pelangi. Ada juga durian kepodang, banteng, biawak, buaya tringgiling, serta ketan

Dalam keadaan waktu in saatsiaga hadapi virus corona alias Covid19 yang batasi warga melakukan aktivitas di luar rumah, pencinta durian tidak perlu cemas. Untuk dapat menikmatinya, sekarang durian Songgon dapat dipesan dengan cara online.

” Beberapa pencinta durian Banyuwangi tidak perlu hadir langsung ke beberapa lokasi yang sediakan durian. Sekarang langsung dapat pesan dengan cara online. Silahkan membantu beberapa petani durian dengan masih pesan durian dengan cara online ditengah-tengah ajakan social distancing dengan kurangi kegiatan di luar rumah sekarang, ” tutur Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas waktu bertandang ke Durian Garden Songgon, Sabtu (21/3/2020).

Salah satunya yang sediakan pemesanan durian asli Songgon dengan cara online ialah Durian Garden Songgon yang beralamat di Jalan Rowo Bayu RT 01/RW 01, Dusun Bayurejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon. Pencinta durian langsung dapat mengontaknya dengan cara daring.

” Untuk memesannya dapat melalui WhatsApp di nomor berikut 085259729659. Atau juga bisa diakun instagram kami @duriangardensonggon, ” jelas Owner Durian Garden Songgon, Syva Dila Kharisma.

Terdapat beberapa variasi durian lokal yang dapat dipesan langsung. Rata-rata harga juga dapat dijangkau. Di antara Rp 35 ribu sampai Rp 100 ribu. ” Untuk harga bergantung ukuran buah, ” tutur Syva Dila.

Syva Dila akui, sejauh ini beberapa konsumen dapat bertandang langsung. Tetapi, ditengah-tengah kecemasan penebaran virus corona, dia mulai batasi jumlahnya lawatan ke tempatnya. Ini untuk hindari jumlahnya keramaian.

Untuk pemesanan online sendiri, faksinya dengan cara tehnis sudah dapat mengepak duriannya secara baik hingga dapat dikirim sampai keluar kota. ” Pernah kita kirim ke Jakarta, Bandung, serta luar Jawa, ” akunya.

Durian Garden Songgon dirintis oleh Harmadi, orangtua Syva Dila, semenjak 2014. Tetapi, baru dibuka untuk umum pada 2018 kemarin. Tidak kurang ada 130 pohon durian bermacam variasi yang tumbuh di kebun seluas 1, 5 hektar.

” Sejauh ini durian yang kita jual ialah durian yang dari hasil kebun kita sendiri. Kami tidak ambil di luar untuk jamin kualitas durian yang kita jual, ” tutur Syva Dila.

” Musim panen 2020 diawali bulan Maret ini. Insyallah sampai bulan puasa depan, stock durian di sini masih aman, ” paparnya.

Untuk yang akan datang, Syva akui, akan meningkatkan taman pembibitan durian. Hingga dapat buka bertambah banyak lapangan pekerjaan buat masyarakat seputar.

” Rotasi ekonominya semakin lebih konstan bila ada pembibitan juga. Tidak harus menanti panen, ” katanya.

Di kesempatan itu, Bupati Anas menanam bibit durian varietas lokal yang barusan mendapatkan sertifikasi oleh Kementerian Pertanian. Ada beberapa varietas yang ciri khas lokal Banyuwangi, salah satunya varietas Ratu, Kepodang A3, Banteng A3, serta Boneng A3.

Leave a Reply