Buku Mimpi – Dollar Semakin Naik 16800 Akankah Terjadi Krisis 1988 Kembali

Buku Mimpi – Nilai ganti dolar Amerika Serikat (AS) ini hari telah tembus ke angka Rp 16.000. Penguatan dolar AS dipacu kecemasan pasar karena penebaran corona di beberapa negara. Angka ini hampir dekati dolar AS waktu kritis pada 1998 yang ada di rata-rata Rp 16.800.

Menyikapi hal itu Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim menerangkan dolar AS memang saling ada di level Rp 16.000an. Tetapi ini tidak sama dengan keadaan waktu kritis 1998.

“Keadaan ini beda, waktu 1998 itu kritis ekonomi, sebab fundamentalnya belum kuat. Sekarang, walau alami pelemahan tetapi mendasar ekonomi kita kuat,” katanya waktu dihubungi boba4d.

Ia mengemukakan sekarang aktor pasar sedang hadapi kecemasan yang mengagumkan berkaitan corona di beberapa negara.

“Memang murni sebab cemas saja ini,” jelas ia.

Ibrahim mengutarakan penebaran virus corona yang makin mencemaskan karena kecemasan pasar membuat Bank Indonesia (BI) tempo hari putuskan turunkan suku bunga BI sebesar 25 basis point jadi 4,5%. Ketetapan itu diambil dengan lihat keadaan ekonomi global karena efek virus corona.

Disamping itu BI turunkan suku bunga deposit facility turun 25 bps jadi 3,75% serta suku bunga lending facility turun 25 bps jadi 5,25%. Kebijaksanaan moneter masih akomodatif serta persisten dengan prediksi inflasi yang teratasi serta langkah preemptive jaga momen perkembangan ekonomi.

“Apa yang dikerjakan oleh Bank Indonesia telah ikuti sesuai saran Bank Sentra global tetapi BI belum dapat jaga kestabilan mata uang rupiah karena pasar yang cemas sebab dinamika dinamika penebaran virus corona cepat sekali,” jelas ia.

Leave a Reply