Prabowo Intruksikan Tetap Cool Hadapi Masalah

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengutarakan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkaitan masalah Laut Natuna. Prabowo menjelaskan Jokowi memperjelas jika kedaulatan NKRI adalah harga mati.

“Ya kan jelas beliau sebutkan kedaulatan harga mati,” kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Walau kedaulatan adalah harga mati, Prabowo menjelaskan tidak sebaiknya masalah Natuna dipanas-panasi. Ia menjelaskan usaha diplomasi sebaiknya diprioritaskan.

“Tetapi kita jangan kita panas-panasin ya. Jadi jika daerah teritorial itu kedaulatan itu 12 mil di lebih dari dari itu ialah ZEE. Itu ya, serta kapal mana saja bisa masuk keluar. Tetapi jika eksploitasi ikan atau mineral (di ZEE Indonesia), itu harus kerja sama, harus izin kita. Nah ini kan dapat dituntaskan, kita dapat negosiasi dan lain-lain,” katanya.

“Ya kita cool saja. Tetap saya sebutkan,” sambung Prabowo.

Seperti didapati, kapal pelacak ikan serta coast guard China masuk ke Zone Ekonomi Mewah (ZEE) Indonesia. Itu yang membuat kemelut di Natuna bertambah.

Indonesia lewat Menlu Retno LP Marsudi juga telah mengemukakan sikap sah atas aksi China itu. Point penting yakni terjadi pelanggaran oleh kapal-kapal China di daerah ZEE Indonesia.

Presiden Jokowi tempo hari sudah berkunjung ke Natuna. Ia menjelaskan sampai sekarang tidak ada kapal asing yang masuk ke daerah teritorial Indonesia. Info itu ia bisa dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Saya tanyakanlah ke Panglima TNI ada kapal yang masuk ke daerah teritorial Indonesia, tuturnya tidak ada,” kata Jokowi seperti dikutip Di antara, Rabu (8/1/2020).

Leave a Reply