Dapat Sanksi FIFA, PSSI Langsung Gelar Rapat

FIFA telah resmi menjatuhkan sanksi kepada PSSI, buntut dari dua laga Timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Dua laga tersebut adalah laga kontra Thailand dan Malaysia.

Untuk kasus pertandingan melawan Malaysia, FIFA menjatuhkan sanksi berupa teguran di stadiun Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada 19 November 2019 lalu.

Ini merupakan teguran kedua untuk PSSI setelah sebelumnya saat Indonesia menjamu Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 10 September 2019.

PSSI sendiri akhirnya dijatuhi sanksi stelah supporter Timnas Indonesia dinilai tidak dapat menjaga ketertiban dan keamanan selama laga, dengan melempar serta menyalakan kembang api, plus melakukan pengrusakan saat laga tandang kontra Malaysia.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri mengaku belum menerima surat resmi dari FIFA.Namun, PSSI disebutnya akan segera menggelar rapat untuk
menentukan sikap soal sanksi FIFA tersebut.

“Kami (PSSI) rapat dulu untuk langkah yang akan kami ambil terkait hukuman ini,” kata Cucu saat dihubungi wartawan, Kamis (9/1/2020).

“Nanti akan saya tanyakan dahulu. Karena memang belum ada surat resmi dari FIFA,” jelasnya.

Sebelum sanksi teranyar diberikan, PSSI juga sejatinya telah mendapat sanksi setelah laga Timnas Indonesia kontra Malaysia di SUGBK, 5 September 2019.Penyebabnya serupa, karena ulah supporter yang tidak bisa mnejaga ketertiban. Untuk saat itu, PSSI harus membayar
denda sebesar Rp 643 juta.

Leave a Reply